Nostalgila Duwel Ceria #part 2

Ngomong-ngomong soal Duwel yang mau jadi bagian dari cyber extention, kayaknya harus nulis #part 2 deh sekarang ini. Dulu #part 1 pernah aku tulis disini. Endingnya nggak enak banget, alias php-in pembaca. Abis ngepost itu tau-tau udah sibuk aja sama skripsweet. Jadi mungkin ini adalah jalan Tuhan agar diriku bisa melanjutkan cerita yang ada di #part 1 itu.

Mungkin nggak cukup kalo harus cerita satu persatu kisahku di Duwel tapi aku coba deh. Akhir-akhir ini lagi pengen nulis tentang Duwel terus. Bisa dibilang nostalgia, bisa juga  dibilang nggak move on, soalnya pernah ada sesuatu disini :D #bercanda

Oke kita mulai dari awal. Awalnya emang pas bulan Januari-Februari itu udah deprogram sama kampus buat KKN mahasiswa semester 7. Jadi ddeh, awal Januari gitu kita satu kampus dibagi-bagi jadi banyak kelompok buat nanti ditempatin di desa-desa di kabupaten Bojonegoro dan Madiun. Kebetulan aku pas dapet kabupaten Bojonegoro, kecamatan Kedungade, desa Duwel. Meskipun aku asli Bojonegoro dan tempat tinggalku nggak jauh dari Kedungadem tapi aku belum pernah sekalipun denger nama desa itu. Okelah, lanjut.  Aku masuk kelompok 93, kelompok nomer 4 dari bawah. Ada ssekitar 10 desa yang di tempati KKN di kecematan Kedungadem. Sebelumnya, Kecamatan ini emang belum pernah di tempati KKN dan kampus kami, jadi kamilah yang pertama disini dan respon positif dari masyrakat yang kami harapkan waktu itu.

Pembekalan cuma dilakukan selama seminggu, itupun dosen yang ngisi banyak yang nggak hadir. Jadi deh bosen aku milih bolos aja. Tuh banyak juga yang milih nunggu diluar kelas.


Ini pas lagi latihan mapping



23 Januari, berangkatlah kita ke Duwel. 6 orang pakek motor, selebihnya naik bison campur sama barang-barang :D

Sesampai sana…

Disambut pak lurah sekaligus pak camat Kedungadem #keren #soksweet
(dari kiri atas) yazid, huda, farid, pak camat, pak lurah, kordes, rahmad, aqin, dan sari
(dari kiri bawah) endanh, izzah, wardah, ima, uus, lelly, diriku dan naila dan nambah satu lagi si delaw yang nggak ikut foto karena harus jagain barang-barang

Ya, kami berenambelas memang seperti inilah wajah-wajahnya yang konon ceritanya waktu itu kelompok kami paling ngenes se-kecamatan Kedungadem. Pas lagi foto itu pas masih jadi anak baik semua. Setelah itu, pada keliatan deh sikap aslinya kayak gimana haha #piss

Pas baru dateng, kita takjub banget sama suasana Duwel, alamnya, udaranya, rasanya nyaman banget. Yang kurang nyaman cumin satu, jalannya jelek banget. Jadi agak susah kalo mau kemana-mana. Apalagi kalo abis ujan. Haduhh… angkat tangan deh…










Duwel itu punya 3 dusun (Duwel, Porong Ledok, Porong Mangunan). Ketiga dusunnya dipisahkan oleh persawahan yang lumayan luas. Bisa dibilang luas wilayah Duwel itu lebih banyak persawahannya dari pada pemukimannya.

Ini jalan poros desa Duwel, tepatnya di dekat makam dusun Duwel. Rusak parah karena sering dilewati truk-truk pengangkut hasil bumi Duwel. Suatu malem, pas abis ngasih bimbingan belajar di dusun Porong, aku sama temenku sempet jatuh disini sampek nggak bisa jalan. Makin nambah kesan mistis disini karena menurut beberapa temen sih katanya sering ada yang manggil kalo pas malem2 lewat sini.




tapi sekarang udah mulus cah...

Selain jalan, yang memprihatinkan di desa ini adalah jembatan. Iya, jadi beberapa akses ke desa ini memang harus melewati jembatan. Pertama, dari arah kedungadem tengah2 pasar, ada semacam pertigaan. Dua diantara menuju Duwel dan dua-duanya juga melewati jembatanny. Kedua, dari arah desa Dayukidul, sama, akses ini juga harus melewati jembatan.

jangan liat orangnya, tuh jembatan dibelakangnya

Oke itu soal jalan dan jembatan. Lanjut….  lahan persawahan disini kalo orang Jawa bilangnya”geneng” yang artinya dataran tinggi. Jadi cocoknya emang ditanami semacam sayur-sayuran gitu. Tapi yang paling menonjol adalah komoditas bawang merah. Dijamin, sejak masuk desa ini bau bawangnya menyengat banget dan bikin khas.
         










Duwel emang kaya akan bawang merah. Dikecamatan Kedungadem, Duwel penghasil terbesar. Dengan bawang merah yang segitu banyaknya, jadi berkah juga buat kita. Gimana ngga? Wong selama satu bulan disitu kita sama sekali nggak pernah beli bawang. Tiap hari pasti ada yang ngasih sampek2 stok kita berlebihan dan akhirnya nih terpaksa kita jual ke kelompok KKN lain yang lagi butuh. Hehehe…

#FYI warga Duwel itu ramah-ramah, meskipun kita disana kebanyakan nggak enaknya tapi itu semua tergantikan oleh ramahnya para warga. Bayangin aja ni ya, pas pertama dateng kesitu kita salah milih rumah yang di patok dengan harga mahal. Akhirnya kita pindah ke rumah yang kosong yang sangat sederhana yang nggak ada penghuninya, nggak ada listriknya, apalagi kamarmandinya. Namanya juga kosong. Selama nunggu kamar mandi sama listrik diperbaiki (kurang lebih seminggu) kita mandinya numpang dirumah warga sekitar secara bergiliran. Kenapa harus giliran? Karena saking baiknya, mereka berlomba-lomba menawarkan kamar mandinya buat kita. Nah biasanya kalo udah numpang mandi dirumahnya, sekalian deh tu dikasih makan sama tuan rumahnya. Hehe… biar di kata ngenes tapi justru disitulah proses membaur kita jadi makin gampang. Kalo mau nyari data dan nyari masalah buat nanti dianalisis juga gampang. Ditambah lagi dengan tinggal dirumah yang sangat sederhana dan apa adanya (nggak ada meja kursi apalagi tempat tidur) warga jadi tambah deket sama kita, nggak sungkan kalo mau mampir ke rumah kita dan itulah yang nggak terjadi dikelompok lain se-kecamatan Kedungadem. Keren kaaannnn…. 
Hampir tiap hari suka dapet kiriman makanan kayak gini dari warga. Alhamdulillah ngirit uang kas :D #otakbendahara



Terus kadang kalo malem, para pemuda desa yang kebanyakan mereka adalah pendekar Setia Hati juga nggak sungkan ikut nimbrung bareng kita. Mereka begadang sampek mau pagi. Ngapain coba? Nonton film bareng -_-



Kadang si kecil-kecil ini juga yang jadi temen kita selama di Duwel





Karena kita udah cukup deket dengan warga, paling nggak beberapa tugas yang dikasih selama pembekalan bisa kita lakuin. Diantaranya mapping oleh warga dan FGD. Konon, kelompok lain belom berhasil ngelakuin tugas ini. 



dan salah satu video mappingnya


30 hari bukanlah waktu yang sebentar.Buat temen-temen yang pada kangen rumah, ini adalah waktu yang lama. Nih, tiap pagi kerjaannya ngitung hari mulu -_-


Akhirnya, waktu ini pun tiba. Waktu dimana kita harus berpisah dengan desa nyaman ini. Terlalu banyak cerita disini. Mulai dari yang aku ceritain diatas tadi sampai yang ini jangan sampek lupa. Dulu kita sering banget ngerepotin pak Modin. Pak Modin itu tokoh masyarakat yang dituakan dan paling dihormati disini setelah kepala desa. Kadang kita sering banget dimarahin sama dia tapi terharunya, pas malem perpisahan dengan warga, beliau mewakili seluruh perangkat desa dan juga warga desa meyerahkan piagam penghargaan ini untuk kami. Temen kami dari kelompok lain nggak ada loh yang dapet beginian. Gimana nggak terharu?


Dan ini tepat pukul 3 pagi. Mobil penjemput datang dan kami harus kemabli ke rumah masing-masing. Kita sedih tapi kita juga senang karena dapet banyak pengalaman dari desa kecil ini. Dalam hati kami semua berkata, kami nggak akan pernah lupa desa Duwel dan akan selalu merindukannya.


0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...