#BN2012 | Kopdar Blogger Nusantara 2012

Blogger Nusantara 2012 MakassarKemeriahan kopdar blogger se-nusantara akan digelar lagi. Tentunya ini sangat menyenangkan. Para blogger yang biasanya hanya bertegur sapa di dunia maya macam saya, dengan acara yang sudah di tunggu-tunggu ini tentunya dapat saling menyapa secara langsung.

Kopdar Blogger Nusantara tahun ini diselenggarakan di luar Jawa loh… di Makassar tepatnya.  Kopdar Blogger Nusantara 2012 ini adalah kopi darat blogger se-nusantara yang merupakan pagelaran kedua setelah pagelaran pertama yang diselenggarakan pada tahun sebelumnya di Sidoarjo, Jawa Timur. Saya pernah nulis kisahnya yang sampek sekrang masih kerasa kesannya disini. Sebelumnya acara kopdar di Sidoarjo diselenggarakan keroyokan oleh beragam komunitas online yang ada di Surabaya, maka kini sebagai tuan rumahnya adalah komunitas Blogger Makassar AngingMamiri dan saudara muda Komunitas Blogger Maros.

Kopdar Blogger Nusantara 2012 akan diselenggarakan di Makassar. Tepatnya di Gedung LAN (Lembaga Administrasi Negara) pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggut tanggal 9, 10, dan 11 Nopember 2012.

Mengutip dari bloggernusantara.com, acara kopdar ini sejatinya memang dirancang anomali, seperti halnya kutipan dari beberapa catatan besar berikut ini:
Menilik keberanian menggelar perhelatan di luar kebiasaan, maka Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo adalah titik awal pagelaran yang menafikan asumsi dan prediksi sulitnya menggelar perhelatan akbar berskala nasional di luar “pusat episentrum” Indonesia. Dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassarakan mengulang dengan lebih ekstrim lagi, di luar pulau Jawa. Jika berhasil, maka akan menjadi sejarah baru dunia perbloggeran Indonesia. Jika tidak berhasil, tetap menjadi poin penting pada sebuah keberanian blogger yang “agak abai” pada sindrom dan ketakutan-ketakutan yang juga tak definitif. Meski pula boleh dikatakan indikator pengukur keberhasilan juga beragam variabelnya bergantung pada sudut pandang apa dan siapa yang melihatnya. (Gempur Media – Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar)

juga kutipan di bawah ini,
Tentu ada banyak pertimbangan kenapa kota terbesar di pulau Sulawesi ini menjadi pilihan untuk tuan rumah Kopdar Blogger Nusantara 2012. Makassar adalah kota terbesar di timur Indonesia, saat ini Makassar menggeliat menjadi sebuah kota modern dengan pembangunan yang begitu pesat. Makassar adalah gerbang Indonesia bagian Timur, menyimpan eksotisme yang belum banyak dikenal orang.

Dari awal, Kopdar Blogger Nusantara memang mengusung sebuah anomali. Acara tidak selalu dipusatkan di Jakarta, sudah waktunya daerah lain mendapat kesempatan. Termasuk tentunya daerah di luar Jawa. Bahkan rencananya KBN akan digilir ke kota-kota lain setiap tahunnya. (AngingMammiri - Makassar Siap Menyambut Anda di Kopdar Blogger Nusantara 2012)

Saya setuju dengan pendapat pak Gempur di atas bahwa Kopdar Blogger Nusantara tahun lalu adalah ekstrim karena digelar di luar pusat keramaian. Dan tahun ini dipastikan akan menjadi lebih ekstrim lagi karena Kopdar Blogger Nusantara akan digelar di Makassar (luar jawa). Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua (panitia dan peserta) termasuk saya yang harus menabung sejak beberapa bulan lalu. Hanya saja, mungkin saya harus berbesar hati membatalkan keberangkatan ke Makassar karena tepat di tanggal 10 November itu juga sedang digelar pesta pemilihan kepada daerah (pilkada) di kabupaten Bojonegoro. #nyesek

Kopdar Blogger Nusantara 2012 akan menjadi beda. Begitu kata pak Gempur dalam website resmi Blogger Nusantara. Bukan bermaksud membandingkan dengan kopdar tahun lalu, hanya saja jika melihat letak goegrafis dan juga para sponsor, kopdar tahun ini akan menjadi sesuatu yang baru, yang akan menjadi sejarah bagi siapapun yang terlibat didalamnya. Seperti kesan saya pada waktu kopdar tahun lalu.

Tagar resmi Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah #BN2012. Bagi temen-temen blogger atau siapa saja yang ingin menyampaikan dukungannya untuk acara ini, bisa dilihat langsung disini.

Finally, semoga bisa terlaksana dengan sukses Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar.



5 komentar:

Sang Nanang mengatakan...

akhirnya terbukti sudah di Makassar...

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Rasanya memang perlu pemerataan di setiap kota di seluruh wilayah tanah air sehingga akan lebih mengenal daerah negeri kita sendiri.

Unknown mengatakan...

dear sang nanang

iyahh, sudah terbukti
sayangnya saya nggak bisa jadi saksi sejarahnya

Unknown mengatakan...

dear halaman putih

setuju kakak...
biar lebih mengenal nusantara tercinta

kucoba.com mengatakan...

Oh gitu ya BN2012 beda dengan BN2011 yang saya ikuti. Kalau saya ga bisa ikut karena ada keperluan.

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...