Petualangan Sang Juara

Ini adalah kesekian kalinya saya berkunjung ke tempat ini. Kebun Belimbing Ngringinrejo. Mungkin udah pada tau ya sekarang. tempat ini belakangan mulai diangkat oleh Pemerintah Kabupaten sebagai ikon wisata kabupaten Bojonegoro. Tapi jauh sebelum itu, jauuuh bingit, saya bersama teman-teman blogger udah terlebih mencium aroma potensi wisata disini dan kita pun mulai berkunjung dan rajin menulis segala sesuatu tentang tempat ini. Ini pertama kalinya saya berkunjung ke tempat ini....


Dan setelah sekian kali berkunjung, ini terakhir kali saya berkunjung ke tempat ini. Kira-kira sekitar 1 tahun yang lalu. Waktu ada acara ini...




Waktu itu ada kunjungan tokoh nasional (diantaranya bapak wakil menteri ESDM dan Garin Nugroho) ke Bojonegoro yang kebetulan diajak mampir ke kebun belimbing oleh Kang Yoto dan saya beserta temen-temen Blogger Bojonegoro turut diundang dalam acara tersebut.

Dan di akhir November ini, saya kembali berkunjung ke kebun belimbing ini. Dengan suasana yang berbeda pastinya. Kali ini saya berkunjung bukan bersama teman-teman blogger, bukan dengan rekan Relawan TIK, dan bukan juga dengan keluarga. Kali ini saya berkunjung bersama krucil-krucil SDIT Insan Permata Bojonegoro.

#FYI dalam setiap semester di SDIT Insan Permata diadakan semacam integeral learning atau yang biasa kita sebut IL. IL biasanya diadakan per jenjang kelas sesuai dengan tema pelajaran yang ada pada pembelajaran jenjang kelas tersebut. Dan kebetulan, IL kelas 1 pada semester 1 ini mengambil tema "Petualangan Sang Juara". Ceritanya, para juara ini akan belajar menanam dan merawat pohon belimbing Nringinrejo.

Setelah sebelumnya team teching kita melakukan survey dan konsultasi dengan bapak kepala desa, bapak Imam Syafi'i, akhirnya pagi itu kita berangkat ke kebun belimbing dengan menggunakan bus mini.



Nyampek lokasi, anak-anak langsung dipersilakan untuk duduk dengan tertib dan mendapat pengarahan dari kepala desa Ngringinrejo mengenai profil kebun belimbing termasuk festival belimbing yang baru saja diadakan beberapa hari sebelum kami berkunjung kesana. 


Setelah mendapat pengarahan, mereka kemudian diajak untuk mengunjungi kebun tempat belajar menanam pohon belimbing. Disini mereka kembali mendapatkan materi belajar tentang cara menanam pohon belimbing oleh bapak Suwoto. Dan tanpa menunggu lama, mereka pun segera mempraktekkan ilmu yang baru saja mereka terima.



Selepas itu, mereka diberikan worksheet seputar cara menanam buah belimbing. Setelah selesai, mereka kita ajak untuk berkeliling kebun belimbing sambil mencari-cari kebun belimbing yang cocok untuk kita petik buahnya. Dan setelah menemukan lokasi untuk memetik buah belimbing, mereka pun dengan gembiranya memetik satu buah yang masak. 



Puas berkeliling dan memetik buah belimbing, petualangan kita lanjutkan dengan out bond. Lokasinya tidak jauh dari kebun. Disini ada lapangan yang bisa digunakan untuk berkemah, out bond dan sebagainya. Coba lihat aksi mereka disini...




Lucunya lagi, liat aksi mereka yang ini. Mereka bener-bener berbeda ketika merekasedang berada dikelas. Coba tengok...


Ini Hanin (1B). Di kelas dia agak pendiem gitu. Tapi diisni dia cekatan banget nglewatin tangga bergoyang
 Kalo ini Hafiidz (1C). Dia juga pendiem waktu dikelas dan sehari-harinya masih butuh pendampingan penuh dari ustadzahnya. Tapi disini, dia PD banget nglewatin beberapa rintangan ini, tanpa bantuan siapapun. Coba liat tatapan matanya! Begitu meyakinkan, sodara-sodara!



Berbeda dengan yang dua tadi. Yang ini justru sebaliknya. Gaza termasuk anak yang kinestetik, sedangkan Arya akademiknya bagus banget ketika dikelas, tapi disini, mereka berdua sama sekali nggak berkutik. Nggak berani naik pohon sampek semua peserta habis. Akhirnya dengan segala bujuk dan rayu dari ustadzahnya, jadilah mereka sedikit memberanikan diri. Dan Inilah ekspressi mereka berdua....





Dan inilah para jagoan 1A
Fajri yang dengan lebay-nya pura-pura takut naik flying fox

Zufar yang dengan santainya bersiap menaiki flying fox

Dan Hisyam yang selalu dengan jahilnya ganggu sahabatnya, Wildan yang lagi gugup banget

Finally, mendung mulai bergelantung  dilangit Ngringinrejo sehingga kamipun harus segera mengakhiri IL pada hari ini. IL hari ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada bapak Imam Syafi'i oleh perwakilan siswa. Kami pun pulang dengan perasaan sangat senang dengan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Terimakasih semuanya, buat anak-anakku tersayang kelas 1, buat pak Imam Syafi'i beserta para petaninya, dan khususnya buat semua crew IL kali ini (us. Fatimah, us. Nanin, us. Ummu, us. Ai, us. Laily, us. Nurma, ustd. Afif, ustd. Tono, dan ustd. Putra).


all crew

#FYI lagi, ini adalah pengalaman pertamaku dan alhamdulillah... luar biasa... Allahu Akbar!! Yess!!

2 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...