Survey RPJM dan MSPA 2014

Setelah 3 hari mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan BKKBN Jawa timur. Hari ini saatnya menjalankan misi kita. Ya, Aku bersama 3 orang teman baruku (Piping, Fitri dan Vina) ditugaskan oleh Badan PPKB Kabupaten untuk menjadi petugas survey indikator RPJMN (rencana pembangunan jangka Menengah nasional) dan Mini survey pemantauan peserta KB Aktif (MSPA) di Bojonegoro.

Menurut kabar yang aku dengar, dua survey tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Ditahun-tahun sebelumnya, survey diadakan sekitar bulan Oktober atau menjelang akhir tahun. Akan tetapi, pada tahun ini survey agak di majukan (sekitar bulan Mei) karena bertepatan dengan segera lengsernya bapak SBY dari jabatannya. Dan hasil survey ini akan dijadikan laporan pertanggungjawaban ke beliau diakhir masa jabatannya ini. Begitu kurang lebih penjelasan yang ku tangkap dari pelatihan kemarin.

Yang membedakan dari survey-survey tahun sebelumnya adalah survey kali ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak independen. Baik untuk RPJM maupun MSPA. Dulu, kabarnya survey RPJM masih dilakukan sepenuhnya oleh tenaga dari Badan PPKB, hanya mini survey saja yang diserahkan ke pihak independen. Tapi tahun ini, keduanya diserahkan kepada pihak independen, baik dari enumerator maupun supervisornya dan ini adalah pengalaman pertamaku :)

Di Bojonegoro sendiri ada 3 blok sensus yang nantinya akan kami survey yakni di kecamatan Tambakrejo (desa Dolokgede), kecamatan Kapas (desa Kapas), dan kecamatan Sukosewu (desa Sitiaji). Kebetulan aku kebagian kecamatan Kapas dan Sukosewu bersama 2 orang temanku.

Survey ini hanya diberi waktu 2 minggu sejak tanggal terakhir pelatihan. Dengan sekuat tenaga dan pikiran kami mencoba menggunakan waktu singkat ini sebaik mungkin. Kami mencoba benpencar di 3 kecamatan tersebut dengan pertimbangan efesiensi tenaga dan waktu. Dan Alhamdulillah sebelum waktu yang ditentukan, survey kita terselesaikan dengan lancar meskipun ada 1 kecamatan yang datanya masih kurang valid dan akhirnya kami harusnya mengulangnya setengah jalan. 

Tiap blok sensus ada 25 responden keluarga, 25 responden MSPA dan responden remaja dari keluarga terpilih. Instrumen wawancaranya kurang lebih kayak gini...




dan ini proses wawancaranya....





Peletakan stiker sebagai tanda bahwa responden telah diwawancarai oleh enumerator 



"Ayo ikut KB, 2 Anak Cukup" __(^.^)v

0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...