Duwel dan Bojonegoro Cyber Extension

Hari ini saya kagum. Kenapa? Karena saya baru tau ternyata desa Duwel termasuk dari salah satu desa yang akan di launching dalam program Bojonegoro Cyber Extention. Program ini adalah program dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor dan juga Telkom Indonesia.

FYI, kurang lebih satu tahun yang lalu saya pernah tinggal di desa penghasil bawang merah ini. Meskipun hanya 30 hari saya tinggal disana, tapi keterikatan emosi dengan warga dan alam Duwel sudah sangat erat. Waktu itu saya memang ditugaskan oleh kampus untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN), jadi cuma sebatas 30 hari saja. 

Melihat informasi diatas, saya merasa bangga jika desa Duwel menjadi bagian dari "Cybex". Duwel memang kaya akan bawang merahnya yang berkualitas. Saya akui sekali itu, akan tetapi image negatif juga melekat kuat di desa ini. Pertama, kata pak lurah waktu saya sowan pertam kali di sana, Duwel adalah desa paling angker dan kental sekali aura mistisnya se-kecamatan Kedungadem dan sudah saya buktikan kebenarannya. Kedua, infrastruktur desa seperti jalan poros masih sangat amat minim (satu tahun lalu) padahal pendapatan desanya sangat besar. Ketiga, sinyal ponsel apalagi internet sangat minim juga. Ketiga hal itu berdasarkan pengalaman yang saya alami bersama teman-teman satu tahun yang lalu.

Namun, meski banyak kekurangan, kami tidak memperdulikan itu karena keramahan dan kearifan warganya bisa menghapus semua itu. Kenangan baik tentang desa Duwel tetap terjaga dalam ingatan kami terutama saya. 

Hari ini, beberapa relawan TIK turut membantu pelatihan persiapan Cybex ini termasuk saya dan secara tidak sengaja saya bertemu dengan bapak Agus Suryono selaku sekretaris desa bersama bapak kamituwo. Rasanya terharu bisa mendampingi kedua bapak ini dalam pelatihan Cybex ini. Rasanya jiwa saya seperti kembali ke Duwel. Rasanya saya seperti terpanggil untuk melanjutkan apa yang pernah saya dan teman-teman cita-citakan dulu. Iya, saya terharu, gembira dan bangga. 




Sekitar bulan Januari 2014 nanti, Cybex ini akan di launching dan pelatihan ini adalan bagian awal dari program itu. Dalam launching nanti, akan ada teleconference dibeberapa titik antara lain di Ngringinrejo, Kalitidu, Duwel, Media center dan Institut Pertanian Bogor. Suatu kebanggaan jika nanti saya sebagai relawan TIK harus ditugaskan untuk mendampingi masyarakat Duwel dalam program ini. InsyaAllah saya akan berikan yang terbaik :)

Beberapa gambar yang saya ambil sekitar setahun yang lalu















*gambar: dokumen pribadi dan media center Bojonegoro

1 komentar:

RIfaun Naim mengatakan...

Wahahahaha iki mau memeng ae nulis blog to teryata.....tak tinggal turu....

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...