Pengukuhan Relawan TIK Bojonegoro

Jum'at, 18 Oktober 2013 adalah hari yang menurut saya tidak bisa. Kenapa?

Seperti biasa, setiap hari jum'at bertempat di pendopo kabupaten selalu diadakan dialog dengan Bupati Bojonegoro yang biasa dipanggil kang Yoto. Namun ada yang berdeda dengan dialog Jum'at kemarin. Pada dialog Jum'at kemarin banyak dihadiri oleh siswa dari SMA/SMK di kabupaten Bojonegoro. Dan ternyata pada kesempatan tersebut telah diagendakan penandatanganan MoU antara pemerintah kabupaten Bojonegoro dengan PT. Telkom mengenai tentang Bojonegoro Digital Society.

Apa itu Bojonegoro Digital Society? Bentar, nanti saya bahas dilain tulisan :)

Terus, yang paling berkesan nih, di tengah-tengah acara tersebut diselipkan juga pengukuhan relawan TIK Bojonegoro langsung oleh Kang Yoto. Ada sekitar 20 calon relawan yang telah disiapkan untuk menjalani prosesi pengukuhan. Prosesi kemudian diwakili oleh 5 orang calon relawan yang dikukuhkan secara simbolis oleh Kang Yoto.Salah satunya adalah saya, hehehe #tetepnarsis

Jadi ceritanya begini, beberapa hari sebelum pengukuhan tau-tau saya dapat kabar dari mas Faun tentang acara pengukuhan ini, tau-tau juga saya dimasukkan kedalam pengurus inti sebagai sekretaris. Woowww...

Tapi ini bukan juga mendadak sih, mengingat dulu pas ada festival TIK pertama kali tahun 2012 di Bandung, saya dan temen-temen Blogger Bojonegoro (mas Faun, mas Dedex dan Fadheli) sudah banyak bertemu dengan relawan TIK dari berbagai daerah. Banyak dari mereka juga berasal dari komunitas Blogger seperti kami. Festival TIK adalah suatu rangkain acara yang digagas oleh relawan TIK bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi, juga dengan pemerintah setempat. Dari situ juga kami juga sudah punya pikiran kenapa tidak dibentuk relawan TIK Bojonegoro karena kami melihat sepertinya masyarakat Bojonegoro juga membutuhkan pengenalan TIK yang lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

#festTIK 2012 Bandung
#festTIK 2012 Bandung
Tapi sepertinya, niat itu masih adem ayem dihati kami masing-masing. Sampai pada pertengahan 2013 kemarin Komunitas Blogger Bojonegoro kembali diundang diacara festival TIK 2013 yang diadakan di Surabaya. Kali ini ada 10 blogger dari blogger Bojonegoro yang berangkat ke acara tersebut, lebih banyak dari pada festival TIK di Bandung. 3 hari di festival TIK rasanya kami semakin dekat dengan para relawan TIK dari berbagai daerah. om @fajareridianto om @banyumurti om @nopy_pr @babeh_helmi mbak @ti_shanti dan juga relawan lainnya. Kami banyak mendengar cerita dan perjuangan mereka di daerah masing-masing tentang pengenalan dan pemanfaatan internet. Kami mendapat banyak ilmu dari mereka. Saking terkesannya dengan relawan TIK, membayangkan kami juga bisa menyandang sebutan tersebut di kota kami Bojonegoro, salah satu temen saya (Kak Didik Pramuka) sampek-sampek nulis begini di blognya.

#festTIK 2013 Surabaya
Dan angin segar sepertinya menghampiri kami jum'at kemarin, niat yang dulunya hanya ada dalam hati kami sekarang sudah bisa terwujud. Alhamdulillah... bertepatan dengan perhelatan hari jadi kabupaten Bojonegoro relawan TIK Bojonegoro sudah resmi dikukuhkan. relawan TIK Bojonegoro berasal dari berbagi kalangan. Diantaranya ada yang berasal dari Pramuka, Komunitas Blogger, Komunitas Pecinta Android, dan juga komunitas-komunitas lain yang berkaitan dengan teknologi informasi.




Terima kasih kami sampaikan kepada pihak PT Telkom yang turut serta melancarkan acara ini, semoga kedepannya juga bisa saling bersinergi. Terima kasih juga Kang Yoto sudah bersedia mengukuhkan kami para relawan TIK. Semoga dengan dikukuhkannya kami, kami dapat sedikit turut serta membantu membangun Bojonegoro, dapat membantu masyarakat melek internet, melek informasi dan komunikasi serta dapat memanfaatkannya dengan sehat dan tepat.

3 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...