Ramadhan 1433 H di SMAN1SDA

Well, ini adalah hari terakhir praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Sidoarjo (SMAN1SDA) selama bulan Ramadhan. Luar biasa. Dari mulai dateng ke sekolah ini rasanya memang beda. For your information aja, sekolah ini adalah sekolah unggulannya para warga Sidoarjo. Yang bisa masuk ke sekolah ini pastinya bukan sembarang siswa. 3 minggu selama bulan Ramadhan banyak banget pelajaran yang aku bisa di ambil. Mulai dari harus ngajar dari pagi sampek siang dalam keadaan puasa, sampek keabisan suara, sampek harus perang melawan radang lambung demi menunaikan kewajiban memberikan sedikit ilmu buat mereka. Dan yang paling mengesankan adalah ketika selama 1 minggu terakhir harus ngisi materi pesantren Ramadhan. Adapun materinya itu adalah seputar Aqidah, Syariah dan Akhlak. Biasa aja sih sebenernya, tapi baru berasa aja ternyata gitu rasanya jadi guru agama. :D

3 minggu tenyata nggak kerasa juga. Masih inget banget waktu dulu aku sama temen-temen PPL (dewi, icha, rini, ulum, aziz)  tiap hari selalu count down keberadaan kita di sekolah itu. Tapi kayaknya sekarang kebiasaan itu udah mulai ilang deh, kayaknya udah pada betah di sekolah ini.   


Basecamp pemateri pesantren Ramadhan SMANISDA

denah ruang pesantren Ramadhan

Peserta pesantren Ramadhan kelas XII (kafilah putra)

Peserta pesantren Ramadhan kelas XI (kafilah putri)

Peserta pesantren Ramadhan kelas X (kafilah putri)

Semua kegitan ibadah dipusatkan di Masjid sekolah (Masjid Al Ikhlas)

Kegiatan sholat dhuha salah satunya

Sebagai bukti kalo kita juga cinta sama sekolah ini, dihari efektif fakultatif terakhir ini (sabtu, 11 Agustus 2012), mulai dari pagi aku sama temen PPL (dari IAIN dan UNESA) mengadakan khotmil Qur'an. Tentu saja yang memandu kedua temenku, Ulum sama Aziz.



Alhamdulillah selesai sholat ashar bisa khatam juga disaksikan seluruh siswa dan guru dan dilanjut dengan pengajian nuzulul Qur'an yang diikuti seluruh warga sekolah


Prof. Dr. Ahmad Zahro, MA (Guru besar ilmu Fiqh IAIN Sunan Ampel) sebagai pembicara pengajian nuzulul Qur'an

Gimana? udah mirip jamaah haji yang ketinggalan pesawat belom nih?? :D

Selesai pengajian, tepat masuk waktu buka puasa. Nggak pakek nunda-nunda lagi, segera seluruh warga sekolah ( siswa, guru, karyawan dan crew PPL)  menyantap hidangan yang sudah disediakan.





 So sweet banget deh pokoknya. Alhamdulillah, semoga ilmu yang kita dapat selama bulan Ramadhan di sekolah ini bisa bener-bener manfaat buat kita.

Selamat Menuanaikan Ibadah Puasa

0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...