Aku dan Peri

Pagi itu suasana tidak seperti biasanya di SDIT Insan Permata Bojonegoro. Wajah-wajah baru nan imut tampak menghiasi halaman  SDIT Insan Permata Bojonegoro. Hari itu memang hari pertama mereka masuk kembali ke sekolah setelah sebelumnya telah mengikuti kegiatan pondok Ramadhan. Untuk mengenal linkungan sekolah, diadakanlah masa orientasi siswa selama 3 hari yakni tanggal 4-6 Agustus 2014.

Masa orientasi siswa pada tahun pelajaran 2014-2015 ini mengambil tema “AKU DAN PERI” (aktif, kreatif, ulet dan percaya diri). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para siswa baru memiliki sikap seperti tema tersebut. Aktif dalam mengikuti pelajaran, kreatif dalam berkarya, ulet dalam mengerjakan sesuatu, dan percaya diri untuk melakukan kebenaran. Tema ini dipilih sesuai dengan karateristik siswa yang beragam. 

Hari pertama, kegiatan diawali dengan apel pagi. Para siswa baru diberi pengarahan dan dikenalkan dengan wali kelas dan juga pendamping. Berhubung masih dalam suasana Idul Fitri, para siswa siswa baru didampingi walikelas dan pendamping diajak bersilaturahhim ke perumahan warga sekitar SDIT Insan Permata. Selesai silaturrahim, para siswa baru diajak memasuki kelas masing-masing untuk perkenalan dengan teman sekelas. Untuk lebih mengenal teman-teman antar kelas dan para ustadz-ustadzah, siswa baru dibagi menjadi 9 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 9 siswa dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu ustadz atau ustadzah. Setelah itu masing-masing kelompok diajak berkeliling lingkungan sekolah  bersama ustadzah pendamping. Pada kesempatan ini, para siswa baru dikenalkan dengan ruangan-ruangan yang ada di SDIT Insan Permata. Siswa juga diberi pengarahan tentang fungsi ruangan tersebut. Kegiatan hari pertama ditutup dengan do’a penutup majlis.



Hari kedua, masih dengan semangat yang sama, diadakan tes calistung. Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan calistung pada siswa baru yang begitu beragam. Selain itu, tes ini juga berguna untuk pemerataan kelas. Selesai mengikuti tes calistung para siswa baru diajak berkumpul dalam satu ruangan untuk mengikuti sholat dhuha  yang kemudian dilanjutkan dua materi oleh ustadzah Nanin dan ustadzah Ummu. Adapun dua materi berikutnya adalah materi dauroh wudlu dan dauroh sholat. Para siswa begitu antusias mengikuti materi. Beberapa siswa ada yang sudah hafal dengan gerakan wudlu dan sholat. Tidak sedikit juga yang sudah hafal bacaan-bacaan dalam sholat. Sama seperti hari sebelumnya, kegiatan pada hari kedua ditutup dengan do’a penutup majlis.

Dan yang paling ditunggu adalah hari ketiga. Pada hari ini semua kegiatan diadakan di alun-alun kota Bojonegoro. Sekitar pukul 08.00 WIB, peserta didampingi ustadz dan ustadzah berangkat dari SDIT Insan Permata dengan mengendarai delman sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Sesampainaya di alun-alun kota Bojonegoro, masih dalam kelompok yang sama, para peserta diajak untuk mengasah kekompakan dan kemampuan bekerja sama dengan teman-temannya melalui permainan yakni, lari kelereng dan mencari harta karun. untuk permainan yang pertama, Peserta diminta bergantian membawa kelereng dalam sendok yang digigit sampai ke garis finish. Kelompok dengan hasil kelereng paling banyaklah yang jadi pemenang.

Sebelum melanjutkan permainan selanjutnya, para peserta diajak belajar untuk menyablon kaos. Kali ini peserta belajar menyablon bersama kakak-kakak dari Rumah Sablon Rocka Raka. Peserta terlihat begitu antusias. Mereka secara bergantian menyablon satu per satu kaos yang telah disediakan. Selesai menyablon, permainan mencari harta karun pun dilanjutkan. Dalam permainan ini, poin  kerjasama juga harus diterapkan dalam permainan ini. Peserta diminta membuat posisi seperti kereta api. Anggota kelompok yang berada paling depan ditutup matanya. Sedangkan anggota kelompok berikutnya lah yang memberikan arahan dimana harta karun itu bearada. Masing-masing kelompok beradu kecepatan untuk menemukan harta karun yang tersembunyi. Kelompok yang tercepat menemukan harta karun, dialah pemenangnya. Kegiatan hari ketiga kemudian diakhiri dengan makan siang bersama





0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...