Besok Aku Wisuda

Baiklah, saatnya menulis. Menulis tentang apa yang terjadi 4 tahun yang lalu sampai hari ini. Saat ini wall Facebook dan TL ku pada dipenuhin sama kalimat-kalimat macem gini.

"Nggak kerasa ya udah wisuda"
"kayaknya baru kemaren deh di ospek"
"4 tahun cuma gini doang???"

atau dengan kalimat begini nih yang paling gimana gitu menurutku.

"ahhh... pengen jadi mahasiswa lagi...."

Padahal nih, 2 bulan sebelum ini pada galau-galau semuanya. Isi akun sosmednya juga penuh konspirasi gitu. Pada ngebut nyelesain bab 4 sekaligus ngebut ngelobi dosen pembim bing plus yang satu ini nih yang ketinggalan, ngebut juga tuh do'anya. Emang deh, praktis selama ujian skripsi di depan mata, mendadak diriku jadi religius -.-

Tapi ya wajarlah, 4 tahun jadi mahasiswa tentunya banyak pengalaman yang di dapet. Entah pengalaman di kampus atau juga pengalaman diluar kampus. Aku yakin, tiap-tiap dari mereka pasti punya kesan yang beda soal suka duka mereka selama 4 tahun itu. Termasuk aku.

Aku sendiri sih dulunya termasuk mahasiswa yang jarang punya aktivitas di kampus. Dulu pas semester 1 sempet ikut beberapa UKM gitu sih tapi kok ya kebetulan aku liat beberapa kejadian yang menurutku nggak pantes (amoral) dilakuin oleh seorang senior-seniornya. Jadi ilfil terus nggak pernah ikut lagi aktivitas macem begituan lagi. Lebih seneng sih ngeblog di warnet kalo abis kuliah. Kalo nggak gitu ya Fb-an, jaman tahun 2009 kan baru asyik-asyiknya maen Fb gitu. Kenapa di warnet? iyaaa soalnya kan gratis punya sodara sendiri. Mau sepuasnya juga nggak masalah.
Sampai akhirnya di semester 5 mataku tertuju sama seorang temen satu jurusanku yang ternyata dia adalah seorang aktivis organisasi mahasiswa jas merah. Dari dialah aku baru sadar kalo persepsiku soal organisasi mahasiswa yang "miring" itu nggak selamanya bener. Mungkin ada yang beberapa seperti itu tapi lebih banyak kok yang lebih baik dari itu. Jas merah, sebuah tempat yang seharusnya aku ada disitu, menjadi kadernya, sekarang ini cuma bisa membuatku menyesal. Tapi ya udahlah, udah lewat :D
Dan dari si temenku itu juga aku jadi mendadak rajin banget kuliah, rajin ke kampus meski cuma wi-fian nggak jelas gitu demi bisa berlama-lama ketemu sama dia. Dan mendadak semangat juga pengen wisuda bareng sama dia.

Iyaa, jadi dulu pas kuliah itu ada sih beberapa mata kuliah yang ketinggalan gitu, jadi dulu ada kemungkinan nanti wisudanya bakal molor dan nggak bisa bareng sama temen-temen. Dulu ceritanya suka males kan ke kampus, lebih enakan juga ke warnet, haha... Kalo milih dosen juga gitu, harus yang enakan dan gampang dapet nilainya meskipun jarang masuk. Tapi sejak kenal sama dia, sumpah jadi rajin banget kuliah, kadang harus sekelas sama junior-junior gitu. Tapi alhamdulillah juga, selama 8 semester aku nggak pernah dapet nilai C atau D. Biasanya kalo nggak A, B atau langsung dapet E, hahaha... Tapi santai, di transkip nilainya lumayan kok, dapet IPKnya 3,38. Itu termasuk alhamdulillah buat aku yang bisa dibilang jarang masuk kuliah. Coba kalo aku rajin kuliahnya dari awal, pasti IPK nya bisa lebih tinggi dari itu. #alibi #pengalihanisu

Sejak aku sadar kalo kuliahku nanti bakal molor, aku pasang strategi gimana caranya biar beneran nggak molor meskipun harus ekstra banget ngejar SKSnya. Ada 4 hal yang skaral yang bagiku harus dikerjain tepat waktu dan lulus dengan sempurna. Soalnya kalo nggak gitu, bakalan molor beneran. PPL 1, PPL 2, KKN dan yang terakhir yang paling sakral adalah SKRIPSI. Alhamdulillah semuanya bisa aku lewatin tepat waktu dengan baik termasuk yang terkahir yang pernah aku ceritain disini. Tapi efeknya sampai semester 8 ini yang harusnya udah nggak ada kuliah sama sekali, aku masih harus kuliah bareng adek-adek junior. Tak apalah yang penting target lulus semester 8 kesampaian \(^.^)/

Besok (061013) aku wisuda. Bakal dandan cantik pakek kebaya dan pakek toga. Bakal jadi bagian dari perhelatan akbar tahunan. Bakal dikukuhkan sebagai sarjana.

Seneng?
Nggak sih biasa aja.

Pengen jadi mahasiswa lagi?
Nggak juga, males aja kali di suruh buat makalah mulu. Kalo mahasiswa S2 oke deh :D
 
Lega? iyah, udah nggak jadi beban orang tua lagi :)
Sedih? iyah juga, abis ini kehidupan yang sebenarnya baru akan dimulai. Bisa nggak ya kira-kira aku survive disana???

Bismillah... mudahkan dan ridhoi jalan hamba ya Allah...

*kemudian muter lagunya Iwan Fals - Sarjana Muda*

1 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...