Festival TIK untuk Rakyat | Wilujeng Surfing 2012

Well... Ini boleh dibilang untuk pertama kalinya saya pergi ke Bandung. Ngapain Vir??? Iyah... jadi ceritanya pas pulang ke Bojonegoro akhir pekan kemaren dapet kabar dari mas Dedex kalau Komunitas Blogger Bojonegoro dapat jatah 2 kursi untuk datang ke acara Festival TIK untuk rakyat yang bakal di adain di Bandung. Dalam hati sih sebenernya udah pengen banget ikutan, tapi demi menghormati para sesepuh di Komunitas Blogger Bojonegoro macam mas Dedex, mas Juna, mas Fauns sama si Fadli, akhirnya saya putuskan untuk memendam keinginan saya itu. Sayapun kembali ke Surabaya hari Senin pagi sambil masih berharap bisa ikut acara tersebut. Bandung cuy... Sumpah demi apapun sayang banget kalau nggak bisa ikut. Sore harinya tiba-tiba ada sebuah pesan masuk di handphone saya. Dari mas Juna yang isinya gini
Berbahagialah...ada tambahan 2 kursi lagi, jadi ada 4 kursi. Silahkan di atur siapa yang mau berangkat, data tak tunggu segera...
Dalam hati ini udah bersorak-sorai kesenengan, nggak pakek nunggu lama saya langsung kirimkan data-data diri saya yang sekiranya diperlukan. Alhamdullillah, akhirnya saya dipastikan bisa ikut acara Festival TIK yang di selenggarakan besok tanggal 28-29 April 2012 di Politeknik Telkom Bandung.

Setelah dibicarakan bersama-sama akhirnya diputuskan ada 4 orang dari Komunitas Blogger Bojonegoro yang berangkat ke acara Festifal TIK, yaitu mas Dedex, mas Fauns, Fadli dan saya. Rencananya kita akan berangkat bersama relawan TIK lainnya dari Jawa Timur secara terkoordinir besok pagi (27 April 2012) dengan menggunakan bus dari terminal Bungurasih. Mas Dedex sama Fadli menurut kabar sedang dalam perjalanan sore ini ke Surabaya sedang mas Fauns tetep stay di Jogja, nunggu rombongan lewat sana besok. Dan diriku... masih asyik prepare apa aja yang mesti di bawa besok.
 
Apa sih Festifal TIK untuk Rakyat itu? 
Kebijakan dan program untuk mengurangi kesenjangan dijital dan pengentasan kemiskinan, adalah dua topik utama pembangunan sektoral dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sebagai wujud komitmen para Kepala Pemerintahan Negara dari berbagai penjuru dunia dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Masyarakat Informasi sedunia (World Summit on Information Society) WSIS – Pertama di Jenewa 2003 dan WSIS – Kedua di Tunisia 2005. Perkembangan TIK di era globalisasi, menempati posisi penting sebagai salah satu pilar pembangunan. Dalam konteks ini TIK berperan sebagai katalisator (pemungkin) dan sekaligus peluang usaha.

Di Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Menurut survey dari MarkPlus, di tahun 2011 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta pengguna dan 29 juta diantaranya merupakan pengguna mobile internet. Internet sudah menjadi bagian dari aktivitas masyarakat, juga sebagai media untuk melakukan aktivitas sosial. Beragam komunitas telah memanfaatkan teknlogi ini sebagai media dalam menjalankan kegiatan sosialnya. Pertanyannya seberapa besar pengaruh TIK ini dalam pembangunan ekonomi masyarakat? Apakah yang telah dilakukan oleh pemerintah maupun pegiat TIK dalam mengembangkan pemanfaatan TIK di berbagai daerah dapat dirasakan oleh masyarakat banyak?
Relawan TIK Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bermaksud menyelenggarakan ”Festival TIK untuk Rakyat: Wilujeng Surfing 2012, Semua bisa jadi RelawanTIK” sebagai suatu acara yang mempertemukan kebutuhan masyarakat akan perlunya penerapan TIK dengan para stake holder lainnya seperti pemerintah, perguruan tinggi, pegiat TIK, komunitas dan perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan TIK di Indonesia.
Acara ini merupakan himbauan dan ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membantu pemerintah mewujudkan masyarakat informatif melalui semangat berbagi sebagai Relawan TIK. Semua bisa jadi Relawan TIK.

Tujuan Diselengarakannya Festival TIK untuk Rakyat Wilujeng Surfing 2012
  • Menyosialisasikan gerakan pemberdayaan masyarakat melalui TIK yang diselenggarakan oleh pemerintah, pegiat TIK maupun pihak lainnya.
  • Mempertemukan “demand” masyarakat atas edukasi di bidang TIK dengan “supply” yang dimiliki oleh berbagai pihak seperti pemerintah, perguruan tinggi dan pegiat TIK dan Industri.
  • Edukasi untuk masyarakat dan sekolah tentang berbagai materi pembelajaran di bidang TIK
  • Silaturahmi para stake holder yang memiliki kepedulian atas edukasi TIK di masyarakat sehingga diharapkan dapat terciptanya sinergi dalam melakukan kegiatan
  • Mengembangkan kegiatan kewirausahaan dengan pemanfaatan TIK
Para Pendukung Acara Festival TIK untuk Rakyat Wilujeng Surfing 2012
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Pemerintah Kota Bandung
  • Relawan TIK Indonesia
  • Komunitas Netizen Indonesia
  • Telkom Indonesia
  • Operator Telekomunikasi
  • Vendor dan Mitra Perangkat
  • Media Partner
  • Industri ICT
  • APTIKOM
  • Klub Guru Indonesia
Info lebih lanjut bisa diliat aja di situs resmi Relawan TIK Indonesia ( http://fest.relawan-tik.org ).
"Festival TIK Untuk Rakyat: Wilujeng Surfing 2012... Semua Bisa Jadi Relawan"

Sampai Jumpa besok tanggal 28-29 di Bandung... ^^

14 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...