Yolanda Prastika 2

Yakk, seperti yang udah pada di ketahui yaa kalo hari ini pengumuman kelulusan tingkat SD sudah bisa di lihat di internet. Kebetulan ni, aku yang di Surabaya udah stay on dari kemaren di portalnya http://www.ppdbsurabaya.net/ Nggak  lain nggak bukan ak Cuma pengen tahu nilai UN dari beberapa adek-adek aku yang dari kemaren kayaknya udah nggak sabar pengen tau nilainya.
Jreng.. jreng… pas udah aku masukin nomor ujiannya, whuusshhh… muncullah di situ YOLANDA PRASTIKA KUSHERAWATI Nilai UN Total 23.35
“Alhamdulillah…..” tak henti-hentinya aku nyebut kata-kata itu sambil kayak nggak percaya gitu. Kenapa? Terlalu lebaykah?? Oh.. tidak…
Yola (nama akrabnya) nggak seperti siswa SD pada umumnya. Tingkat intelegensinya rendah. Yak, rendah banget. Faktor pertama yang bikin dia kayak gitu tuh gara-gara pas masa kecilya dulu, dia kena penyakit semacam typus gitu tapi yang udah kronis (apalah itu istilahnya). Dan buat kesembuhannya, dia terus dan terus di kasih yang namanya obat-obat dosis tinggi. Bahkan ni (kata ibunya) sebenarnya udah nggak ada harapan lagi yola bisa bertahan hidup, makanya cara apapun di lakuin termasuk terus ngasih obat dosis tinggi.
Dan katanya hal semacam itu ada pengaruhnya ya sama intelegensi??? (katanya sih gitu) makanya Yola intelegensinya  jadi gitu.
Faktor kedua, ya gara-gara masalah itu yola jadi di hakimi sama kedua orang tuanya plus temen-teman sekolahnya kalo dia itu”anak yang nggak pinter” (halusnya). Secara ia di anggep kayak gitu, semangat belajarnya jadi kendor dan bahkan nyaris hilang. Kasian kann….
Emang sih , faktanya dari mulai awal aku ngajar dia aku udah ada felling kayaknya bakalan sulit gitu, dia daya tangkep otaknya lama banget. Tapi it’s oke, aku anggep itu tantangan plus itung- itung ibadah juga bisa bagii-bagi ilmu ke orang lain. Dan saat yang mendebarkan adalah pas kemarin mau UN,. Hadeehh … ga bisa bayangin deh apa yang bakal terjadi, nggak bisa bayangin bakalan jadi berapa nilainya, terus dia masuk SMP mana, sumpah aku takut banget. Tapi eniwei.. yang pasti aku udah berusaha sekuat tenaga buat mentepin tuh hatinya Yola, bahwa dia pasti bisa. Aku juga udah nyoba nguatin hatinya kalo apapun yang terjadi nanti, itu Allah yang nentuin dan kita Cuma bisa usaha aja.
Dan… hari ini… ketakutan itu hilang. Yak, hilang sudah.. aku ngrasa seneng banget. Ada kepuasan tersendiri gitu. Sumpah. Liat wajah Yola yang tadi nyamperin aku juga rasanya seneng banget. Meski nilainya Cuma 23.20 tapi jujur itu seseuatu yang luar biasa banget buat Yola. Lepas dari kontroversi “contekan massal” yang kebetulan Surabya juga yang di sorot, aku mikir positif aja. Ya emang sih itu udah terbukti tapi aku coba liat dari sisi usaha para siswa itu sendiri sebelumnya. Para siswa nggak harus di salahin kok. Semua pasti juga udah tau gimana politik pendidikan di Indonesia.
Yang pasti selama aku ngajar Yola selalu aku ajarkan dia tentang kejujuran, keuletan, dan keyakinan. Sebelumnya aku juga udah ngira kalo praktek semcam itu pasti terjadi tapi aku coba nggak ngomong ke dia. Aku Cuma ngasih dia motivasi, motivasi dan motivasi. Dan itu nggak gampang bagi Yola buat nangkep apa yang aku sampein ke dia. Makanya, lepas dari pro kontra perkara tadi itu, aku seneng banget. Aku puas banget. Alhamdulillah.

*Buat Yola:
Selamat ya, dapet nilai bagus…
Itu hasil dari kerja keras kamu selama ini…
Allah ngliat semuanya kok,
Sekarang udah lulus,selamat yaa…
Jangan lupa bersyukur. Oke!!
Ayah, ibuk, dek amalia sama mbak vira bangga sama kamu…

*baca juga di  kompasiana[dot]com

0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...