Aku, Hari Ini dan 3 Tahun Lalu

Dari siang sampek sore tadi mata selalu aja tertuju ke anak-anak SMA yang baju nya pada dicoret-coret merah kuning ijo biru campur-campur deh sampek ngliatnya aja eneg. Yapp... Hari ini emang hari pengumuman kelulusan buat para siswa siswi SMA serentak seluruh indonesia. Selamet ya buat kamu-kamu yang udah dinyatakan lulus, dan jangan sedih juga buat yang emang belum dinyatain lulus.Tetep semangat, kelulusan bukanlah segalanya kawan, nggak apalah kalau harus ngulang lagi.



Eniwei.... Ngomongin kelulusan, jadi inget sama 3 tahun yang lalu. 3 tahun dimana aku masih duduk di bangku SMA dan sama kayak para siswa siswi  hari ini ngrasa deg-degan itu pasti. Takut, sumpah takut bener kalo nggak lulus. Meski nggak yakin juga sih sama ketakutanku itu.Nggak mungkin aku nggak lulus, tapi kalo inget pas hari pertama ujian itu, rasanya bukan tidak mungkin ketakutanku itu bisa terjadi.

Jadi gini, pas hari pertama ujian itu, pas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Aku sih udah persiapan pastinya jauh hari. Soal gampang, Alhamdulilah. Tegang juga nggak. Udah kebal sama ujian2 kayak gitu. Nah, pas udah selesenya aku kerjain semua tuh aku dapet bocoran jawaban dari temenku yang katanya itu valid. Langsung deh, dilema menerjang seluruh tubuhku. "Diganti nggak ya??... Percaya nggak ya??.." sampai pada akhirnya aku ganti sebagian jawabanku sama dengan bocoran dari temenku itu.
Diluar dugaan. Setelahnya keluar dari kelas dan cuap-cuap sama temen2 ternyata eh ternyata itu yang aku terima tadi itu jawaban buat soal ber kode A. Sedangkan aku kodenya B. *lemesss*

Sebulan itu jadi bahan pikiran ku. Jadi wajar kalo pas hari kelulusan kayak hari ini tadi aku deg-degan banget. Untuk pertama kali bo' aku nggak percaya sama diriku sendiri, nggak percaya sama kerjaannya sendiri. Hmmm.... benar2 contoh perilaku yang tidak patut dicontoh sodara-sodara.

Dulu, 3 tahun lalu, pas hari kelulusan kayak gini. Sekolahku lebih banyak diem. Siswanya dilarang bener keluar rumah. Ya pastilah tujuannya satu, biar nggak terlibat corat-coret, konvoi dan ritual2 lainnya yang berbau anakis. Yess... setuju banget sama kebijakannya sekolahku waktu itu. Tepat 3 hari setelah kelulusan itu kita baru deh diperbolehkan menjenguk sekolah kita tercinta. Dan alhamdulilah semuanya lulus. Termasuk aku ni yang salah kunci jawaban. Hehe.. Tapi yang nama anak ya, meski nggak dikasih ijin buat corat-coret pas hari kelulusan kayak tadi, dilakuin juga deh pas hari ketiga itu. Asyeekk... Belum basi kok. Cuma bedanya kita nggak pakek konvoi kawan.

Bajuku??? Bersih kawan. Nggak ada satu coretan pun meski cuma tanda tangan pakek bolpint. Nggak ada deh. Serius. Kenapa? Ya ya ya.. Karena aku cuma mau baju bersejarahku selama 3 tahun itu di kasih coretan sama seseorang. Aaiighh.. So sweet... Dan sisi depan bawah sebelah kanan lah tertera tanda tangan plus nama kerennya. Ohh.. Sungguh tak terlupakan. Seminggu nggak dicuci tau bajunya.

Itulah uforia Kelulusan SMA. Emang agak beda sih sama kelulusan SMP. Beda banget malah. Aku ngrasain banget waktu itu. Inilah kebebasan kita. Nggak ada lagi yang namanya sekolah, yang ada nantinya kuliah. Nggak ada lagi peraturan2 nyebelin. Nggak ada lagi pakek seragam. Nggak ada lagi PR. Nggak ada lagi masuk jam 7 pulang jam 2. Rasanya tuh seperti keluar dari ruang bawah tanah yang pengap dan menghiru udara segar. Nggak salah kalau mereka mereka merayakannya pakek corat-coraet gitu. Eeiitss... cuma corat-coret loh ya... Yang konvoi, yang pakek minuman keras, yang ngrokok, yang anarkis sampai yang (na'udzubillahi) ngeseks sama pacarnya, tetep HARAM hukumnya. HARAM.

Yang itu tadi senengnya. Sedihnya, kamu sekarang udah ada didunia nyata kawan.Eksistensimu bakal bener2 di uji disini. Nggak peduli yang mau kuliah, kerja atau nikah harapan kalian semuanya bakalan di pertaruhkan disini. Disini, di dunia baru inilah kalian akan disebut sebagai ORANG. Orang yang sebenarnya. Pastinya yang lebih tinggi intelegensinya, yang lebih luas wawasannya, yang lebih terbuka pikiran dan hatinya, yang lebih tekun kelakuannya dan yang lebih kuat imannyalah yang akan mampu bertahan di dunia baru ini.

Selamat datang kawan. Inilah Dunia baru kalian. Dunia nyata.
GIVE THE BEST AND GET THE BEST!!!!
SEMANGAT!!!


0 komentar:

Posting Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...