MATERI QUR’AN HADITS MTs

1. Menulis Hadits Tentang Menuntut Ilmu Dan Menghargai Waktu
a. Hadits tentang menuntut ilmu
ﻄﻟﺏﺍﻟﻌﻟﻡ ﻔﺭﻴﺿﺔ ﻋﻟﻰ ﻜﻞ ﻤﺳﻟﻡ، ﻮﺇﻦ ﻄﺎﻟﺏﺍﻟﻌﻟﻡ ﻴﺳﺘﻐﻔﺮﻟﻪ ﺸﻲﺀ ﺤﺘﻰ ﺍﻟﺤﻴﺘﺎﻦ ﻔﻲﺍﻟﺑﺤﺮ

ﺍﻂﻟﺑﻮﺍﻟﻌﻟﻢ ﻮﻟﻮﺑﺎﺍﻟﺼﻴﻦ ﻔﺈﻦﻂﻟﺐﺍﻟﻌﻟﻢ ﻔﺮﻴﻀﺔﻋﻟﻰ ﻜﻞ ﻤﺴﻟﻢ٬ ٳﻦ ﺍﻟﻤﻼﺌﻜﺔ ﺗﻀﻊ ﺍﺠﻨﺤﺗﻬﺎ ﻠﻂﺎﻟﺐﺍﻠﻌﻟﻢ ﺮﻀﺎﺀ ﺒﻤﺎﻴﻂﻠﺐ
b. Hadits tentang menghargai waktu
ﺇﻏﺗﻨﻢ ﺧﻤﺴﺎﻘﺒﻞﺧﻤﺲ؛ ﺤﻴﺎﺗﻚ ﻘﺒﻞﻤﻮﺗﻚ٬ ﻮﺼﺤﺗﻚﻘﺒﻞﺴﻘﻤﻚ ٬ﻮﻔﺮﺍﻏﻚ ﻘﺒﻞﺷﻐﻠﻚ ٬ﻮﺷﺒﺎﺒﻚ ﻘﺒﻞﻫﺮﻤﻚ٬ ﻮﻏﻨﺎﻚ ﻘﺒﻞ ﻓﻘﺮﻚ
2. Menerjemahkan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Dan Menghargai Waktu
a. Hadits tentang menuntut ilmu
Artinya:
Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap muslim dan bahwa orang yang menuntut ilmu, segala esuatu memohonkan supaya orang itu diampuni dosanya, bahkan ikan-ikan di lautan. ( HR. Ibnu Abdul Bar dari Anas)
Artinya:
Carilah ilmu walau sampai ke negeri Cina, karena mencari ilum itu adalah kewajiban setiap muslim. Sesungguhnya malaikat mengembangkan sayapnya lepada penuntut ilmu, yang merasa senang terhadap ilmu yang dituntutnya. (HR. Ibnu Abdul Barri
3. Menjelaskan Keterkaitan Isi Kandungan Hadits Dalam Perilaku Menuntut Ilmu Dan Menghargai Waktu Dalam Fenomena Kehidupan Dan Akibatnya
a. Hadits tentang menuntut ilmu
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memuji ilmu dan orang yang berilmu, serta menganjurkan hamba-hamba-Nya untuk membekali diri mereka dengan ilmu. Bahkan setiap muslim telah diwajibkan oleh Allah untuk mempelajari ilmu. Menuntut ilmu adalah amalan sholeh yang paling afdhal dan termasuk amalan jihad fisabilillah karena tegaknya agama Allah adalah dengan dua perkara yaitu ilmu dan ssenjata peperangan. Dua perkara ini haruslah ada, tidak mungkin Agama Allah akan menang kecuali dengan dua perkara ini.
Keutamaan ilmu dalam Al Qur’an dan Sunnah adalah bahwa Allah dan RasulNya telah menerangkan keutamaan ilmu, orang berilmu serta orang yang mempelajarinya, diantara keutamaan ilmu:
1. Allah akan mengangkat derajat orang berilmu:
2. Ilmu adalah warisan para nabi
3. Allah menginginkan kebaikan bagi seorang yang berilmu
4. Ilmu adalah jalan menuju surga
Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan meraih keutaamaannya, seorang yang menuntut ilmu hendaknya memperhatikan adab-adab berikut:
1. Ikhlas
2. Bertakwa kepada Allah
3. Berusaha untuk memahami ilmu dengan pemahaman yang benar
b. Hadits tentang menghargai waktu
Dalam al qur’an juga disebutkan “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” ( QS Al Ashr :1)
1. Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu
Masa muda hendaklah dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencapai kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan, karena masa mudalah kita mempunyai ambisi, keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih, bukan berarti masa tua menghalangi kita untuk tetap berusaha mencapai keinginan kita, tapi tentulah usaha masa tua akan berbeda halnya dengan usaha saat kita masih muda. Maka dari itu masa muda hendaklah diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat hingga tidak menyesal di kemudian hari
2. Pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu
Disini kita dianjurkan untuk menghargai waktu, agar bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, menengok saudara ketika ada kesempatan sebelum kesibukan menghampiri kita, hingga tidak sempat lagi untuk sekedar mengunjungi kerabat, atau segera menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, sebelum datang pekerjaan yang lain, agar tidak bertumpuk terus dan justru mebuat kita semakina malas.
3. Pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu
Sehat adalah sebuah Anugerah, lihatlah ke Rumah Sakit, berapa banyak orang harus tertahan aktifitasnya karena sakit. Berapa banyak biaya yang harus di keluarkan untuk mendapatkan kesembuhannya. Hal ini juga anjuran agar kita senantiasa waspada pada segala kemungkinan yang sifatnya diluar prediksi manusia, seperti halnya sakit. Sakit disini bukan sebatas sakit jasmani, tapi juga sakit rohani. Maka ketika
kita sehat jasmani-rohani, hendaknya kita senantiasa mempergunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat tanpa mengulur-ngulur waktu. Ingatlah bahwa sehat adalah modal yang paling berharga.
4. Pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu
Tidak terlalu jauh berbeda dari penjelasan di atas, ketika kekayaan ada pada kita, baik itu berupa materi atau lainnya, maka hendaknya kita memanfaatkannya sebaik-baiknya, jangan menghambur-hamburkan. Pergunakan untuk kemaslahatan, sodaqoh , zakat infaknya jangan ketinggalan. Dan Jadikan kekayaan kita sebagai faktor pendorong sekaligus pelancar kita dalam beribadah kepada Alloh.
5. Pergunakan hidupmu sebelum datang matimu
Yang terakhir ini merupakan cakupan dari empat hal diatas. Ketika kita diberi kehidupan maka hidup yang diberikan pada kita itu sebenarnya merupakan kesempatan yang tiada duanya. Karena kesempatan hidup tidak akan datang untuk kedua kalinya. Kehidupan harus dijalani sesuai tuntutan kemaslahatannya.
Lima hal itu merupakan inti misi dan visi hidup manusia, karena kunci kesuksesan itu terletak pada bagaimana kita “mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya”.

1 komentar:

MTsN PRAFI MANOKWARI mengatakan...

ijin copas ya

Poskan Komentar

kalo mau nyampah juga boleh...